Just another WordPress.com site

Human & Artificial Intelligence Bagian 3

( Materi disajikan oleh Dosen Pengajar : Made Sri Inten , S.Psi , M.Psi , Psikolog )

PENDEKATAN ALTERNATIF TERHADAP INTELIGENSI

KONTEKS BUDAYA & INTELIGENSI

Inteligensi berkaitan erat dg budayaà inteligensi sbg sstu yg diciptakan budaya utk mendefinisikan sifat adaptif suatu performa tindakan di dlm budaya tsb

Budaya : seperangkat sikap, nilai, keyakinan&prlk yg dilakukan oleh sekelompok org, dikomunikasikan  dr 1 generasi ke generasi lainnya lwt bhs/cara2 lain

Budaya Asia cenderung dialektis dlm berpikir; budaya eropa&Amerika Utara cenderung linear

Ada 3 jenis konteks yg dpt mempengaruhi performa : konteks sosial; konteks mental; konteks fisik

 

GARDNER : TEORI OF MULTIPLE INTELLIGENCES

Inteligensi mengandung bbg konstruk yg independen satu sama lain jd bukan hanya dibentuk dr 1 konstruk saja

Scr khusus teori ini menggunakan 8 tanda utk mendeteksi keberadaan jenis inteligensi yg bbd, yi :

  1. Pengisolasian potensial akibat cedera otak
  2. Keberadaan individu2 yg luar biasa
  3. Sebuah operasi inti (spt pendeteksian hub diantara nada2 musik)
  4. Tingkatan yg bbd dr performa keahlian
  5. Peningkatan adaptasi thd lingkungan
  6. Bukti yg mendukung dr riset eksperimen kog
  7. Bukti yg mendukung dr tes2 psikometrik
  8. Kemudahan utk mengodekan dlm sebuah simbol

 

STERNBERG : TEORI TRIARKIS INTELIGENSI

Kecerdasan manusia mencakup 3 aspek : (1) dunia internal, (2) pengalaman, (3) dunia eksternal individu

 

Bagaimana inteligensi berkorelasi dg dunia internal

Ø  Bagian teori ini menekankan pemrosesan informasi yg dpt dilihat mll 3 jenis komponen yg bbd :

  1. Metakomponen : proses2 eksekutif yg lebih tinggi tingkatannya (spt metakognisi) yg digunakan utk merencanakan, memonitor&mengevaluasi pemecahan masalah
  2. Komponen2 performa : proses di tataran yg lbh rendah yg digunakan utk mengimplementasikan perintah2 dr metakomponen
  3. Komponen akuisisi pengetahuan : proses yg digunakan utk mpelajari cr menyelesaikan mslh

Cth : pembuatan makalah

 

Bagaimana inteligensi berkorelasi dg pengalaman

Ø  Tugas & situasi yg dihadapi memiliki bbg tingkat pengalaman

Ø  Ketika semua tgs mjd semakin dikenal akrab à bnyk aspek tgs mjd otomatis

Ø  Tgs2 yg rellatif baru menuntut lbh bnyk inteligensi sso

Ø  Tgs2 yg paling menstimulasi intelektual adl tgs yg sangat menantang&menuntut namun tdk membuat kewalahan

Bagaimana inteligensi berkorelasi dg dunia eksternal

Komponen inteligensi yg diaplikasikan kpd pengalaman menjlnkan 3 fungsi  di konteks dunia nyata

  1. Adaptasi diri thd lingk
  2. Pembentukan lingk utk menciptakan lingk baru
  3. Memilih lingk baru

 

MENINGKATKAN INTELIGENSI : STRATEGI – STRATEGI YANG EFEKTIF , TIDAK EFEKTIF , DAN YANG MERAGUKAN

Faktor yg mempengaruhi kemampuan intelektual

q  Lingkungan manusia

q  Motivasi

q  Pelatihan

q  Hereditas

à Manusia dpt menjadi lbh cerdas dgn mencerap, belajar, mengingat, merepresentasikan informasi, menalar, membuat keputusan&memecahkan mslh dgn lbh baik

 

Perkembangan inteligensi pd orang dewasa

Crystallized intelligence

–          lbh tinggi pd usia dewasa lanjut ketimbang dewasa muda

–          Scr umum meningkat di segala usia

–          Menunjukkan bhw memori jangka panjang&struktur&pengorganisasian representasi pengetahuan terus berkembang di segala usia

Fluid intelligence

–          lbh tinggi pd usia dewasa muda ketimbang dewasa lanjut

–          Hanya meningkat sampai usia 20, 30 / maks 40

Pemrosesan yg lambat mengarah pd defisit2 kognitif

Dixon & Baltes (1986) mengemukakan tiga prinsip dasar perkembangan kognitif :

  1. Crystallizeed abilities & aspek lain pemrosesan informasi  dpt merosot diusia dewasa lanjut, penurunan ini diseimbangkan dgn stabilisasi
  2. Indiv dewasa lanjut termotivasi utk melakukan performa yg lbh baik
  3. Org dewasa mengkompensasi tgs, keahlian pemrosesan informasi berbasis keahlian yg lain

 

KEBIJAKSANAAN

Kebijaksanaan sbg wawasan luar biasa thd perkembangan manusia&persoalan2 hidup, termasukkemamp yg menakjubkan dlm menilai, memberikan nasehat&mengomentari mslh2 hidup yg sulit (Baltes, dkk)

6 faktor didalam konsep kebijaksanaan manusia :

  1. Kemamp menalar
  2. Kecerdikan (kelihaian)
  3. Kemamp bljr dr ide2
  4. Kemamp bljr dr lingk
  5. Kemamp menilai
  6. Penggunaan scr tepat informasi,&ketajaman (kesadaran, persepsi&wawasan yg mendalam melihat sstu)

 

bersambung…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: