Just another WordPress.com site

CARA BERHENTI MEROKOK DAN TINDAKAN PREVENTIF ( UPAYA PENCEGAHAN ) BAGI YANG TIDAK MEROKOK / SUDAH DAPAT BERHENTI MEROKOK

PEMBAHASAN :

A.      CARA BERHENTI MEROKOK

Faktor – faktor yang mempengaruhi dalam upaya berhenti merokok :

  • Faktor Internal , meliputi : Niat dari dalam diri sendiri , komitmen , kemauan yang kuat untuk berperilaku hidup sehat , kesadaran diri dengan mengenali bahaya – bahaya (dampak ) merokok itu sendiri.
  • Faktor Eksternal , meliputi : motivasi dari keluarga , teman , dan  lingkungan sekitar ( dukungan sosial ) , rasa bersalah akan membawa pengaruh negative bagi orang – orang yang tidak merokok , keadaan ekonomi .

Berikut ini cara – cara yang dapat digunakan untuk berhenti merokok , antara lain :

CARA 1 : Self Healing

Berhenti merokok adalah sebuah sistem . Dalam sistem tersebut dapat dilakukan beberapa langkah – langkah ringan yakni :

1.      Tentukan alasan mengapa Anda ingin berhenti merokok.

2.      Urutkanlah nilai penting rokok dalam gaya hidup Anda.

3.      Secara bertahap ,kurangilah merokok.

4.      Berhenti merokok ( Tentukan kapan akan berhenti merokok ) .

5.      Bentengi diri dari godaan untuk merokok kembali.

Dengan cara bertahap sederhana seperti :

1.      Jangan membawa rokok.

2.      Tumbuhkan niat kuat untuk berhenti merokok. Karena hanya dengan keinginan saja tidak akan berhasil

3.      Taruhlah rokok tidak pada tempatnya,ditempat yang tidak terlihat ( upaya agar rokok terlupakan )

4.      Jika minum kopi atau minuman lainnya yang membangkitkan selera merokok,cobalah untuk mengurangi minuman tersebut .

5.      Mulailah menunda merokok sejenak setiap hari .

6.      Segera berjalan-jalan setelah makan ( untuk melupakan rokok ) .

7.      Lakukan secara bergantian antara rokok pagi , siang , sore atau malam .

8.      Simpanlah mint , permen dan sebagainya di bungkus rokok .

9.      Buanglah asbak , korek gas dan korek api .

10.  Perlemahlah sedikit hisapan terhadap rokok yang sedang Anda hisap .

11.  Sadarlah bahwa nanti kita akan merasa marah, terganggu dan ingin sekali merokok, itulah tanda efek ketagihan nikotin. Itu akan menganggu kita seperti anak kecil, cuekin aja !seperti anak kecil kalau dicuekin ia bakal pergi.

12.  Pikirkan waktu kita biasanya merokok, saat pesta, sebelum tidur, kumpul sama teman. Cari bagaimana caranya kita bisa melewati keadaan tersebut tanpa rokok dengan menyibukan mulut dan tangan

13.  Hindari teman yang medorong merokok. Cari teman yang juga pengin berhenti merokok atau tegaskan anda sedang ingin berhenti merokok.

14.  Konsumsi vitamin, mineral,buah, sayuran dan banyak minum air putih(hal ini baik untuk detoksifikasi tubuh), usahakan minum air putih beberapa gelas setiap kali bangun pagi

15.  Berolahraga dan tentunya jangan lupa berdoa.

Selain itu bisa juga dengan menggunakan teknik Self – Hypnosis . Self – Hypnosis merupakan teknik hypnosis yang dilakukan tanpa bantuan orang lain. Teknik ini bersifat mandiri dan sangat bagus untuk meningkatkan sistem keyakinan diri ( self – belief ) seseorang . Untuk melakukan ini,seseorang harus memahami terlebih dahulu teknik – tekniknya walau sedikit .

CARA 2 : Terapi Sugesti ( Hipnoterapi )

Terapi ini dipercaya mampu membantu mengurangi intensitas perilaku yang menyimpang yang seringkali merupakan perilaku kebiasaan, termasuk di dalamnya adalah perilaku merokok. Biasanya dicari penyebab awal klien merokok. Hipnoterapi yang bekerja pada alam bawah sadar akan memberikan suatu sugesti baru bagi perokok sehingga perokok tersebut akan meninggalkan kebiasaannya tersebut. Teknik ini diterapkan dengan didampingi oleh terapis.

Terapi Sugesti ( Hipnoterapi ) ada beragam alternatif pilihan , misalnya dengan Terapi Pecandu Nikotin di Klinik Berhenti Merokok dan klinik – klinik yang menyediakan program hipnoterapi lainnya, konseling serta berbagai program-program berhenti merokok .

CARA 3 : Terapi medis ( obat – obatan )

Ø  Vaksin  NicVAX

Vaksin tNicVAX bekerja dengan mencegah nikotin memasuki otak, sehingga menghentikan para perokok mendapatkan sensasi menyenangkan apa pun yang menyebabkan ketagihan. Suntikan akan berefek sekitar 1 bulan dan para perokok tersebut memerlukan suntikan setiap bulan selama 6 bulan untuk memastikan ketagihannya hilang secara permanen.

Vaksin ini menstimulasi sistem imun untuk memproduksi antibodi terhadap molekul nikotin kecil, komponen utama penyebab ketagihan pada asap tembakau. Antibodi tersebut mengikat nikotin dan kombinasi antibodi-nikotin ini terlalu besar untuk masuk ke otak melalui peredaran darah. Vaksin NicVAX membantu orang berhenti merokok secara permanen dapat menyelamatkan jutaan kehidupan secara global dan memotong beban finansial sistem kesehatan dikarenakan kondisi-kondisi kesehatan akibat merokok.

Ø  Penggunaan nicotine patch , obat anti rokok verinicline , Champix , dan obat – obatan kimiawi lainnya serta obat penunjang yang digunakan untuk membantu mengatasi efek secara fisik yang dialami pasien yakni  efek psikologis antara lain insomnia , perasaan gelisah dan cemas serta efek fisik antara lain pusing , mual , dan muntah (efek karena berhenti merokok,biasanya digunakan pada bersamaan dengan terapi sugesti / hipnoterapi )

B.      TINDAKAN PREVENTIF

  • Memiliki prinsip yang teguh untuk berperilaku hidup sehat dan berkomitmen untuk tidak merokok .
  • Mengetahui zat-zat berbahyaa yang terkandung dalam rokok , kerugian , dampak dan bahaya yang ditimbulkan .
  • Tidak mudah terpengaruh oleh lingkungan , bersikap tegas dan berani menolak bila ada pihak yang mengajak untuk ikut melakukan kebiasaan merokok .
  • Menahan rasa penasaran terhadap rokok karena bila sudah kecanduan akan susah untuk menghilangkannya .
  • Menaati peraturan pemerintah yang telah dibuat .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: